GAMETOGENESIS PADA MANUSIA

Materi ini diposting oleh Citra S.R
Berkembang Biak sebagai Salah Satu Ciri Makhluk Hidup

Berkembang biak merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup yaitu dengan melakukan reproduksi. Reproduksi pada manusia termasuk ke dalam reproduksi seksual yaitu penciptaan keturunan melalui peleburan gamet haploid untuk membentuk zigot (telur yang dibuahi), yang diploid (Campbell, 2004). Tujuan utama melakukan reproduksi pada manusia, salah satunya adalah melestarikan jenisnya agar tidak punah. Reproduksi melibatkan suatu sistem dalam tubuh, yaitu yang pada manusia dibedakan menjadi sistem reproduksi pria dan sistem reproduksi wanita. Salah satu yang termasuk dari sistem reproduksi pria dan wanita adalah gametogenesis atau proses pembentukan sel-sel gamet.  

Proses Pembelahan pada Gametogenesis 
Gametogenesis merupakan proses pembentukan, pembelahan, dan pematangan sel-sel gamet sampai menjadi sel gamet yang siap berperan dalam proses reproduksi. Pada pria disebut sebagai Spermatogenesis sedangkan pada wanita disebut Oogenesis. Baik Spermatogenesis dan Oogenesis melibatkan dua proses pembelahan yaitu:


Mitosis dan Meiosis pada Gametogenesis
  1. Mitosis, tujuan pembelahan sel adalah proses regenerasi sel. Hasil akhir adalah dua sel anak dengan identik dengan jumlah kromosom yang sama dengan sel induk.
  2. Meiosis, tujuan pembelahan sel adalah proses pengurangan kromosom. Terjadi di organ reproduksi, hasil akhir adalah empat sel anak dengan setengah jumlah kromosom atau haploid (2n).

Asal Sel Kelamin Kecambah (Primordial Germ Cells)
Asal Sel Kecambah Primordial

Sel kelamin kecambah pada pria maupun wanita merupakan turunan langsung sel-sel benih primordial (primordial germ cells) yang terbentuk pada masa embrional yaitu berasal dari epiblas. Sel kelamin kecambah mulai tampak di dinding yolk sac pada akhir minggu ke-3 pertumbuhan embrio. Pada minggu ke 4-6, dalam perkembangannya sel kelamin kecambah berpindah / migrasi ke dinding tubuh dorsal yaitu ke arah jaringan gonad, sehingga merangsang pembentukan gonad. Adapun jumlah sel-sel kelamin kecambah itu jutaan pada awalnya lalu akan berkurang secara drastis setelah dilahirkan dan akan terus berkurang seiring bertambahnya umur.
\

Jumlah sel kecambah
Sumber: http://faculty.ksu.edu.sa

Untuk lebih jelasnya, let's check this video ^_^



Gametogenesis


(Edited by Citra)

Reference: 
Campbell, dkk.(2004). Biologi Edisi ke 5 Jilid III. Jakarta : Erlangga 
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2008-2013. Have Fun Learning Biology
Proudly powered by Blogger